Pages

Friday, November 29, 2013

Khasiat dan Manfaat Buah Manggis



Konnichiwa minna-san ^^
Kali ini YUI posting seputar kesehatan nih, tepatnya khasiat dan manfaat buah manggis. Ada yang tahu apa saja khasiat dan manfaat buah manggis itu ?? Hm, daripada bingung-bingung sendiri, yuk langsung dibaca artikelnya.
Selamat membaca kawan, semoga bermanfaat. (^o^)/


KHASIAT DAN MANFAAT BUAT MANGGIS
BAGI KESEHATAN




Manggis atau yang memiliki nama latin Garnicia Mangostana L. Adalah sejenis pohon hijau yang pada umumya tumbuh di daerah tropis seperti Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pohon manggis ini dapat tumbuh hingga mencapai 7 – 25 meter. Buahnya juga disebut dengan manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varia yang kulitnya berwarna merah, dan memiliki kulit yang keras.

Kulit buah manggis mengandung air sebanyak 62,05%, lemak 0,63%, protein 0,71%, dan juga karbohidrat 35,61%. Berdasarkan hasil penelitian, para ahli  kesehatan menyebutkan bahwa kulit buah manggis sangat kaya akan senyawa anti-oksidan, terutama senyawa xanthones, tanin, asam fenolat, maupun antosianin. Tidak hanya anti-oksidan namun terdapat pula beberapa kandungan lainnya dalam kulit buah manggis yang berguna bagi tubuh manusia yaitu sebagai anti-kanker, anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-mikroba/jamur, dan juga anti-virus.

Kandungan gizi buah Manggis per 100gr :
Jumlah per Porsi
Kalori 59
dari Lemak 3.60


% Nilai harian*
Total Lemak 0.40 g
0.6 %
Lemak Jenuh 0.100 g
0.5 %
Kolesterol 0 mg
0.0 %
Sodium 0 mg
0.0 %
Total Karbohidrat 15.30 g
5.1 %
Diet Serat 2.7 g
10.8 %
Protein 0.20 g
0.4 %


Vitamin C
10.0 %
Vitamin B1 Thiamin
1.3 %
Vitamin B2 Riboflavin
0.6 %
Vitamin B3 Niasin
0.5 %
Vitamin B5 Asam Pantotenat acid
0.6 %
Vitamin B6
2.5 %
Kalsium
0.7 %
Besi
1.1 %
Kalium
3.3 %
Fosfor
0.7 %
Magnesium
1.3 %
Tembaga
2.0 %
Mangan
2.5 %
C Sistein
0.6 %
F Fenilalanin
0.6 %
I Isoleusin
0.6 %
K Lisin
0.6 %
L Leusin
0.4 %
M Metionin
0.4 %
T Treonin
0.7 %
Tirosin
0.5 %
V Valin
0.5 %
W Triptofan
0.7 %
* Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda. 
Jumlah total lemak 
Kurang dari 65g
Lemak jenuh
Kurang dari 20g
Kolesterol
Kurang dari 300mg
Sodium 
Kurang dari 2,400mg
Jumlah Karbohidrat 
300g
Diet Serat
25g

Manfaat dan khasiat buah manggis bagi kesehatan manusia :
-       Hasil penelitian sementara, ekstrak yang terdapat pada buah manggis dapat mencegah tumbuhnya sel-sel pada penderita leukimia, menahan laju perkembangan sel pada kanker, seperti kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker usus.
-       Penyakit jantung dan arteriosclerosis terjadi karena pembuluh darah di sekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Dan dengan senyawa anti-mikroba dan anti-oksidan yang terkandung dalam buah manggis dapat memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah pada jantung, sehingga mengurangi resiko serangan penyakit jantung.
-       Penyakit gangguan pernafasan seperti asma, merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem pernafasan manusia. Pada tingkatan tertentu, penyakit asma ini dapat menjadi penyakit yang mematikan. Dan buah manggis menjadi salah satu obat alternatif untuk menyembuhkannya karena memiliki kemampuan melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergis.
-       Buah manggis mengandung zatcatechins yang terbukti lebih efektif dan lebih berdaya guna dibandingkan vitamin C atau vitamin E dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Dokter Frederc Templeman yang menulis buku “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution” menyarankan bahwa mengkonsumsi buah manggis setiap hari sebagai makanan suplemen, akan mendapatkan zat antioksidan lebih banyak dibandingkan suplemen manapun yang ditawarkan dalam obat-obatan.
-       Dengan adanya zat xantones, dapat mengurangikolesterol jahat atau LDL (Low Density Lippoprotein) yang berlebih pada tubuh yang akan menempel pada dinding sehingga menyempitkan pembuluh darah.
-       Penyakit batu ginjal biasanya dialami oleh laki-laki. Untuk mencegah penyakit batu ginjal disarankan mengkonsumsi 3ons atau lebih buah manggis setaip harinya. Mengkonsumsi manggis akan membuat kita lebih sering kencing sehingga dapat mencegah munculnya batu ginjal.
-       Katarak dan glukoma adalah gangguan penglihatan akibat radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata. Gangguan ini bisa diatasi dengan menghindari sinar matahari langsung (menggunakan kaca mata) dan mengkonsumsi buah manggis yang mengandunganti-oksidan.
-       Salah satu penyakit kronis yang banyak diderita manusia adalah diabetes. Dan untuk membantu proses penyembuhan disarankan mengkonsumsi buah manggis yang mengandung zat-zat yang menormalkan tekanan darah, memulihkan energi, dan zat yang mengurangi kelebihan gula dalam darah.
-       Selain zat anti-oksidan, dalam buah manggis terdapat pula zat yang dapat mencegah penurunan kemampuan mental (mental degeneration). Zat ini dapat mencegah gangguan atau kerusakan otak yang sering dialami manusia, seperti demensia, alzherimer, parkinson, stroke, dan penyakit lain yang merusak sistem syaraf pusat.

Beberapa cara pemanfaatan kulit buah manggis untuk kesehatan :
·      Untuk penyakit disentri : Kulit buah manggis dicuci, lalu dipotong-potongdan direbus dalam empat gelas air. Setelah mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya, angkat dan dinginkan. Setelah dingin, air rebusan disaring. Jika ada bisa ditmbahkan madu. Minum air ramuan ini 2 kali sehari dan lihat perkembangannya. 
·      Untuk penyembuhan diare : Lakukan dengan langkah yang sama, namun air rebusan yang tersisa lebih sedikit. 
·      Untuk penyembuhan sariawan : Langkah cara membuat ramuan juga sama. Hanya, air ramuannya cukup digunakan untuk kumur.


Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu buah manggis dan apa saja manfaatnnya bagi kesehatan tubuh kita. Selain dipercaya ampuh untuk mengobati beberapa penyakit diatas, dapat pula mencegah kita terserang berbagai penyakit jika kita mengkonsumsinya sesuai dosis dan secara teratur.
Yuk kawan kita mulai pola hidup sehat dengan teratur mengkonsumsi buah-buahan, karena banyak kandungan dalam buah-buahan yang sangat baik untuk kesehatan kita. Dan juga karena lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan ?! (*^_^*)
Sekian postingan YUI kali ini, sampai jumpa lagi kawan..!! (^o^)/

Sumber :

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About