Pages

Tuesday, November 12, 2013

Riwayat Pendidikanku (Story Version)

Konbanwa minna-san.. Yoo jumpa lagi denganku, Yui-chan. (*^_^*)/

Untuk postingan kali ini topik utamanya "Riwayat Pendidikanku (Story Version)". Nah, daripada kebanyakan basa-basi, langsung baca aja ya kawan.. Selamat membaca.. (^o^)/



RIWAYAT PENDIDIKANKU
Story Version )

Nama saya Yulia Lestari. Saya lahir di Sumedang dan tinggal disini sampai saya berusia 2 tahun karena kemudian saya tinggal dan menetap di Bandung bersama orangtua saya. Saat saya berumur 5 tahun, tepatnya pada tahun 2000,  orangtua saya mendaftarkan saya di sebuah Taman Kanak-kanak (TK) swasta. Taman Kanak-kanak dengan nama TK Mekar Arum II dan beralamat di Jl. Raya Cinunuk KM. 15.20 Cileunyi, Bandung.

Seingat saya, pada saat itu Yayasan TK berdampingan dengan Sekolah Menengah Pertama. Namun setelah saya kembali mengunjungi TK tempat dulu saya belajar dan bermain, sekarang sudah berkembang dan menjadi sekolah gabungan seperti sekolah pada umumnya di kota Bandung. Satu sekolah dengan beberapa jenjang pendidikan dimulai dari TK, SD, SMP, bahkan sampai SMA. Kondisinya sudah jauh berbeda dengan dahulu.

Saya ingat ada banyak kegiatan yang pernah saya ikuti saat masih TK, lomba menulis, lomba mewarnai, lomba busana pakaian daerah, dan juga mengikuti pentas menari saat perpisahan. Mungkin itu sebagian kecil ingatan saya semasa TK, namun sayangnya saya tidak begitu ingat teman-teman saya semasa TK, hanya beberapa orang yang pernah dekat dengan saya saja yang saya ingat.

Saya lulus dari sekolah TK saya pada tahun 2001, dan Alhamdulillah saya lulus sebagai murid terbaik se-angkatan saya. Kemudian saya melanjutkan sekolah ke sebuah sekolah dasar negeri yang letaknya dekat dengan tempat tinggal orangtua saya, sekolah itu bernama SDN Cinunuk II dan beralamat di Jl. Raya Cinunuk No. 725, Bandung.

Sekolah yang memiliki banya murid namun konstruksi bangunan beberapa kelas kurang baik, toilet yang kurang memadai, sangat disayangkan. Berbeda dengan sekarang, bangunan sekolah sudah direnovasi dan bahkan menjadi sekolah 2 lantai, terlihat jauh lebih baik. Namun meski dengan keadaan seperti itu, kegiatan belajar mengajar tetap berjalan lancar.

Hampir setiap sore setelah pulang sekolah, saya juga belajar mengaji di TPA/MDA didekat rumah. Tak jarang teman saya sengaja datang ke rumah untuk mengajak berangkat ke TPA/MDA bersama-sama (dalam bahasa Sunda maksudnya, "nyampeur").

Namun semua aktivitas belajar, mengaji, dan bermain bersama teman-teman saya hanya berlangsung singkat. Saya harus kembali ke kota kelahiran saya, pindah kembali ke Sumedang bersama orangtua saya. Dan orangtua saya mendaftarkan saya di sebuah sekolah sebagai murid pindahan, nama sekolah itu SDN Cipameungpeuk Sumedang.

Saya lulus SD pada tahun 2007, dan kemudian saya mengikuti sebuah testing masuk sekolah menengah negeri untuk melanjutkan studi saya. Dan Alhamdulillah saya diterima di sekolah menengah yang saya minati. Sekolah itu SMPN 4 Sumedang, saat itu sekolah yang terkenal dengan banyak siswa-siswi yang berprestasi, sekolah yang mendapatkan banyak gelar juara dari berbagai bidang dan berbagai lomba yang diikuti, dan termasuk jajaran sekolah menengah favorit di Sumedang.

Sekolah saya ini memiliki banyak ruang kelas, ruang TU yang lumayan luas, ruang Kepala Sekolah yang berdampingan dengan ruang TU, laboratorium komputer, ruang BP, ruang kesenian, ruang tata busana, koperasi, kantin, ruang UKS, mushola, toilet, ruang peralatan olahraga, dan masih banyak fasilitas lainnya.

Di sekolah saya juga terdapat banyak ekstrakurikuler, baik ekstrakurikuler wajib maupun ekstrkurikuler tidak wajib (biasanya ekstrakurikuler sore/sepulang sekolah). Karena sistem pendidikan di sekolah saya ini sedikit berbeda dengan sekolah lain, jadi murid sekolah ini mudah dibedakan. Khususnya setiap hari Sabtu, karena hari Sabtu merupakan hari ekstrakurikuler, hari pengembangan diri. Maka dari itu setiap siswa diwajibkan mengikuti ekstrakurikuler wajib minimal 1, sehingga murid tidak jenuh karena selama 5 hari terus belajar dengan ketat di sekolah.

Saya lulus dari SMPN 4 Sumedang pada tahun 2010 dan kemudian melanjutkan ke sebuah sekolah menengah kejuruan swasta di Sumedang, yaitu SMK Informatika Sumedang di daerah Angkrek, Sumedang Utara.

Ketika saya masuk SMK IFSU (panggilan/singkatan dari SMK Informatika Sumedang) saat itu terdapat 22 kelas, 1 ruang laboratorium komputer, dan 1 jurusan yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Namun saat saya lulus terdapat lebih dari 30 kelas, 2 ruang laboratorium komputer, dan 2 jurusan, yaitu RPL dan Multimedia. Perkembangan yang pesat bagi sebuah sekolah swasta yang baru berdiri.

Semasa putih-abu ini, saya mendedikasikan diri untuk organisasi. Dimulai saya mengikuti ekstrakurikuler Paskibra, lalu saya bergabung dengan Kepengurusan OSIS sekolah, dan beberapa kali ikut serta menjadi panitia kegiatan didalam dan diluar lingkungan sekolah.

Meski sedikit sibuk dengan organisasi, namun Alamdulillah saya lulus dari SMK Informatika Sumedang pada Juni tahun 2013 ini sebagai lulusan terbaik se-angkatan saya. Dan saya memutuskan untuk melanjutkan studi saya selama 1 tahun di Ganesha Pratama Sumedang, dan memilih jurusan Administrasi Perkantoran untuk mengumpulkan ilmu dan pengalaman sebagai bekal untuk bekerja nanti.



Nah, itu dia cerita semasa sekolahku dulu kawan. Mohon maaf ya kalau ada kata yang salah atau tidak pantas, semua ini berdasar pada pengalaman dan pendapat pribadi. Semoga dimaklum.. hehehe

Sebenarnya masih banyak yang ingin ku ceritakan, namun berhubung masih banyak tugas yang belum selesai jadi hanya sebatas ini. Mungkin lain kali ya kawan.. (*^_^*)/

Oiya, adakah dari kawan-kawan semua yang satu almamater denganku ? Ayo angkat tangannya ayo ! Hehe.. Ku tunggu komentarnya ya kawan..

See you again ! (^o^)/


3 comments:

 

Blogger news

Blogroll

About