Pages

Friday, November 29, 2013

Lingkungan Citamiang



Konnichiwa minna-san ^^
Hari ini YUI posting sekaligus 2 nih kawan. Karena lama gak posting-posting, jadi sekarang sekaligus 2 deh. Kawan pernah denger kata Citamiang gak ?? Disini, di Sumedang ada tuh yang namanya Citamiang yaitu nama salah suatu daerah/kampung, kawan.
Nah, berhubung YUI tinggal di daerah Citamiang ini, jadi YUI akan bahas sedikit seputar daerah/kampung yang dinamai Citamiang ini.
Selamat membaca kawan, semoga bermanfaat. (^o^)/


LINGKUNGAN CITAMIANG

Saya tinggal di lingkungan yang disebut Citamiang. Berdasarkan cerita para warga, dahulu daerah ini memiliki sumber daya air yang melimpah dan juga banyak pohon bambu yang tumbuh di sekitar gunung Palasari. Para warga dahulu juga sering menyebutnya pohon tamiang. Inilah yang menjadikan daerah/lingkungan ini disebut Citamiang, yaitu ci untuk cai/air, dan tamiang untuk bambu.

Lingkungan Citamiang ini berada di wilayah Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.
Saat ini terdapat sekitar 16 RW(Rukun Warga) di kelurahan Kotakulon. Khususnya di lingkungan Citamiang ini, dalam 1 RW terdiri dari 4 RT (Rukun Tetangga), untuk membantu ketua RW mengorganisir masyarakat. Jumlah penduduknya sekitar 701 jiwa, dan mayoritas mata pencaharian para warga disini adalah pekerjaburuh, baik buruh tetap maupun buruh lepas, sedangkan sebagian lainnya ada yang bekerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), pegawai swasta, pedagang/pengusaha kecil, dan lain-lain.
Setiap tahun, para pemuda di lingkungan Citamiang selalu mengadakan kegiatan-kegiatan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang dimana seluruh warga juga ikut berpartisipasi. Seperti perlombaan-perlombaan, berpartisipasi mengikuti pawai mengelilingi Sumedang kota, dan juga mengadakan panggung hiburan sebagai acara puncaknya.

1 comment:

  1. waduh citamiang. . . .abdi sami ti citamiang, citamiang cisitu sumedang. .

    ReplyDelete

 

Blogger news

Blogroll

About